Selasa, 22 Oktober 2013

Definisi dan Fungsi

  • Chipset
            Chipset adalah kumpulan microchip yang terdapat pada motherboard yang dirancang untuk bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Fungsi umum chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard.
Komponen didalam chipset :
1. Chipset North Bridge
Chipset ini berfungsi mengatur atau mengkoordinasikan aliran data dari Processor, AGP (Accelerated Graphics Port) dan RAM ( Random Access Memory).
2. Chipset South Bridge
Chipset ini berfungsi mengatur atau mengkoordinasikan aliran data dari piranti I/O, PCI Slot, USB, Etherhet, Audio, Harddisk dan Floppy.

  • Socket
        Socket adalah tempat dudukan prosesor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada prosesor.

  • Slot
                Slot adalah bagian dalam sebuah sistem komputer yang sangat umum dan selalu tersedia. Slot ini berguna sebagai tempat untuk meletakkan atau memasang peralatan tambahan bagi komputer Anda.

  • Speed
          Kecepatan Kinerja (Proccess) pada suatu perangkat. speed pada komputer atau teknologi biasanya dijadikan satuah Mhz... atau Ghz, dalam satuan frekuensi yang dikenal dengan clock speed dan biasanya per second.

sumber : http://rediaja.wordpress.com/tag/fungsi-chipset/
               http://gpinkom.wordpress.com/2008/06/04/pengertian-socket/
               http://www.google.co.id/tanya/thread?tid=60f2a5dca87f10e0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar