Definisi
Failsafat merupakan sebuah disiplin berpikir yang terkait dengan perihal Pengetahuan/Kebijaksanaan
Actus Humanus (pertimbangan ke manusiaan), bukan asal bertindak (Actus
Homini)
ETIMOLOGI
: Pengertian dan definisi filsafat sangat beragam sesuai dengan perkembangan para fifsuf itu sendiri. Secara etimologi (arti kata), kata filsafat berasal dari kata Yunani “philosophia” yang
diterjemahkan sebagai Cinta Kearifan. Akar katanya philos (philia:
cinta) dan sophia
(kearifan).
FILSAFAT-FILSAFAT
KHUSUS
1. Filsafat
Politik
2. Filsafat
Ekonomi
3. Filsafat
Kebudayaan
4. Filsafat
Pendidikan
5. Filsafat
Hukum
6. Filsafat
Bahasa
7. Filsafat
Seni
8. Filsafat Ilmu
9.
...dll
FILSAFAT
KEILMUAN
Filsafat Ilmu
Umum
Filsafat Ilmu-ilmu Khusus
1.
Filsafat Matematika
2.
Filsafat Ilmu-ilmu Fisik
3.
Filsafat Biologi
4.
Filsafat Psikologi
5.
Filsafat Linguistik
6.
Filsafat Ilmu Sosial
7. Filsafat Kedokteran
dll.
Aliran-aliran
Filsafat
1.
Aliran-aliran Metafisika :
1.a.
Kuantitas
(jumlah)
: monisme,
dualisme,
pluralisme
1.b.
Kualitas
(sifat)
: hakikat
kenyataan
itu
tetap
(spriritualisme/roh,
materialisme/materi);
hakikat
kenyataan
itu
suatu
kejadian
(mekanisme,
teleologi,
determinisme,
indeterminisme)
2.
Aliran-aliran Etika
:
2.a. Aliran
Etika
Nuturalisme
(alami/fitrah)
2.b. Aliran
Etika
Hedonisme
(kenikmatan
& kelezatan)
2.c. Aliran
Etika
Utilitarianisme
(utility/manfaat)
2.d. Aliran
Etika
Idealisme
(idea/kerohanian)
2.e. Aliran
Etika
Vitalisme
(vital/daya
hidup)
2.f. Aliran
Etika
Theologis
(theo
= tuhan)
3.
Aliran-aliran Teori Pengetahuan
Aliran
ini
mencoba
menjawab
pertanyaan,
bagaimana
manusia
mendapat
pengetahuannya
sehingga
pengetahuan
itu
benar
dan
berlaku
3.a.
Rationalisme
(sumber
pengetahuan manusia
ialah
pikiran,
rasio
dan
jiwa)
3.b.
Empirisme
(pengetahuan
manusia
berasal
dr
pengalaman
manusia,
dr
dunia
luar
yang ditangkap pancainderanya).
3.c. Kritisisme
(transendentalisme)
(pengetahuan
manusia
berasal
dr
luar
maupun
dari
jiwa
manusia
itu sendiri)
3.d.
Realisme
(pengetahuan
manusia
itu adalah
gambar
yang baik
dan
tepat
dari
kebenaran
dalam
pengetahuan
yang baik
tergambarkan
kebenaran
seperti
sungguh-sungguhnya
ada).
3.e.
Idealisme
(pengetahuan
itu
tidak lain daripada
kejadian
dalam
jiwa
manusia,
sedangkan
kenyataan
yang diketahui
manusia
itu
sekaliannya
terletak
di
luarnya).
d.
Aliran-aliran lainnya dalam filsafat,
banyak
aliran
lain selain
yg
diatas.
d.1. Eksistensialisme
(filsafat
hrs bertitik
tolak
pd manusia
yg
kongkret,
yaitu
manusia
sbg
eksistensi,
& sehub
dg ini.
maka
bg
manusia
eksistensi
itu
mendahului
esensi.
d.2. Pragmatisme
(beranggapan
bhw
benar
& tidaknya
sesuatu
ucapan,
dalil,
atau
teori,
semata-mata
bergantung
pd manfaat
atau
tidaknya
ucapan,
dalil
atau
teori
tsb
bg
manusia
unt
bertindak
dlm
kehidupannya.
d.3. Fenomenologi
(berpendapat
bhw
hasrat
yg
kuat
unt
mengerti
yg
sebenarnya
&
keyakinan
bhw
pengertian
itu
dpt
dicapai
jika
kita
mengamati
fenomena
atau
pertemuan
kita
dg realitas.
d.4. Positivisme
(berpendirian
bhw
filsafat
hendaknya
semata-mata
berpangkal
pd
peristiwa
yg
positif,
artinya peristiwa-peristiwa
yg
dialami
manusia.
d.5. Aliran
filsafat
hidup
(aliran
yg
berpendapat
bhw
berfilsafat
barulah
mungkin
jika
rasio
dipadukan
dg seluruh
kepribadian,
shg
filsafat
itu
tdk
hanya
hal
yg
mengenai
berpikir
saja,
tetapi
jg
mengenai
ada,
yg
mengikutkan
kehendak,
hati,
dan
iman,
pendeknya
seluruh
hidup).
BERPIKIR DALAM
FILSAFAT
Rasional : tahu & paham dengan
akal budi
Logis : tahu & paham dengan
teknik berpikir yang telah ditetapkan dalam aturan logika formal, yakni
menyusun silogisme-silogisme dengan tujuan mendapatkan kesimpulan yang tepat
dengan menghilangkan setiap kontradiksi.
Dialektik : menetapkan tesis dan
antitesis dengan tujuan mendapat sintesis dengan mengaktifkan kontradiksi
Intuisi : diutamakan kemampuan
inventif, mendapat pengetahuan segera tanpa terlalu mempedulikan prosedur atau
langkah untuk sampai pada kepada pengetahuan tersebut
Taksonomi : susun klasifikasi dengan
tujuan menyederhanakan kenyataan dan gejala dalam kategori
Simbolisme : lihat gejala sbg lambang
dg tujuan mengerti apa yang dilambangkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar